Tuesday, April 23, 2013

Sejarah Manga (Komik Jepang)




Manga yang kadang kala kita sering mengejanya dengan Ma-Nga, merupakan bahasa Jepang yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai komik. Bangsa Nippon sendiri mengeja Manga dengan Man-Ga atau Ma-Ng-Ga dan arti harafiah dari kata Manga adalah gambar aneh. Manga di Jepang diawali pada jaman Edo, dimana seorang pemahat kayu dan pelukis bernama Katsushika Hokusai (1760-1849), menciptakan istilah Hokusai Manga pada serial sketsanya yang berjumlah 15 volume dan diterbitkan pada tahun 1814. Hokusai itu sendiri berasal dari 2 huruf Cina yang memiliki arti gambar manusia untuk menceritakan sesuatu.

Di akhir abad 18, Kibyoushi, sebagai buku komik pertama yang berisi cerita muncul dengan tatanan gambar yang dikelilingi oleh tulisan (atau tulisan di samping gambar) sebagai narasinya. Manga tidak begitu berkembang hingga Perang Dunia II. Pada awal abad 19, muncul seorang mangaka yang membawa sejaraah baru di dunia manga Jepang. Dia adalah Osamu Tetzuka (1928-1989), karyanya yang terkenal adalah Tetsuwan Atom (yang di Indonesia dikenal sebagai Astro Boy) dan manganya yang diadaptasi dari novel Treasure Island karya Robert Louis Stevenson meraih nilai penjualan tertinggi nasional karena sukses dijual sebanyak 400.000 eksemplar.

Pada mulanya komik di Jepang adalah peniruan dari film animasi Walt Disney maka saat itu para penggemar komik Jepang adalah anak-anak. Namun pada tahun 1959 mulai diterbitkan dua majalah mingguan untuk anak laki-laki yaitu Shonen Magazine dan Shonen Sunday. Saat itu hiburan untuk anak di Jepang hanyalah komik saja, belum ada anime (sebutan untuk film animasi di Jepang) dan tentu saja belum ada game komputer. Sepuluh tahun kemudian, majalah komik untuk remaja mulai terbit, Manga Action (1967), Young Comic (1967), Play Comic (1968), dan Big Comic (1967). Pembaca komik yang usianya kurang lebih sembilan tahun pada tahun 1959, maka pada saat itu (tahun 1967) mereka telah berumur kurang lebih delapan belas tahun dan telah masuk masa remaja sehingga mereka mau membaca komik yang cocok dengan usia dan selera mereka.

Majalah-majalah tersebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman. Sebuah judul manga yang sukses dapat terbit hingga bertahun-tahun seperti / Jojo no Kimyō na Bōken / Jojo's Bizarre Adventure / Misi Rahasia. Umumnya, judul-judul yang sukses dapat diangkat untuk dijadikan dalm bentuk animasi (atau sekarang lebih dikenal dengan istilah ANIME) contohnya adalah seperti Naruto, Bleach dan One Piece.





Beberapa manga cerita aslinya bisa diangkat berdasarkan dari novel/ visual novel, contohnya adalah "Basilisk" (tidak beredar di Indonesia) berdasarkan dari novel Kōga Ninpōchō" oleh Futaro Yamada. Ada juga yang mengangkat dari segi sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (Three Kingdom) seperti Legenda Naga (Ryuuroden) dan sejarah-sejarah Jepang, kadang ada yang memakai nama yang benar-benar ada, ada juga yang memakai tokoh fiktif.

Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut tankōbon (atau kadang dikenal sebagai istilah volume). Komik dalam bentuk ini biasanya dicetak diatas kertas berkualitas tinggi dan berguna buat orang-orang yang tidak atau malas membeli majalah-majalah manga yang terbit mingguan yang memiliki beragam campuran cerita/judul. Dari bentuk tankōbon inilah manga biasanya diterjemahkan kedalam bahasa-bahasa lain di negara-negara lain seperti Indonesia.

Untuk beberapa judul (yang sukses) bahkan telah/akan dibuat versi manusia (Live Action, atau kadang disingkat L.A. di Jepang), beberapa judul yang telah diangkat menjadi Live Action adalah Death Note, Detektif Conan, GeGeGe no Kintaro, Cutie Honie, Casshern, DevilMan, Saigake!! Otokojuku dan lain-lain. Lebih lanjut sebagian judul juga akan dibuat remake kembali secara internasional oleh produsen di luar negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action Dragon Ball versi Hollywood (20' Century Fox), dan kabarnya juga akan dibuat versi live action dari Death Note oleh pihak produser barat. Dalam hal ini, Crows Zero juga salah satu yang merupakan Live Action, namun memang berbeda dengan apa yang ada dalam komik Crows karena film Crows Zero sendiri merupakan cerita sebelum masa yang ada di komik Crows. 

Conan Live Action


Crows Zero Live Action 

Crows Zero Manga

Death Note Live Manga

Dragon Ball Live Action

Manga khas Jepang umumnya memiliki ciri khas penggambaran berupa mata yang besar, mulut dan hidung yang kecil dan sedikit distorsi pada panjang kaki *biasanya untuk menggambarkan karakter pria. Rata-rata mangaka di Jepang menggunakan gaya/ style sederhana dalam menggambar manga. Tetapi, gambar latar belakangnya hampir semua manga digambar serealistis mungkin, biarpun gambar karakternya benar-benar sederhana. Para mangakan menggambar sederhana khususnya pada bagian muka. Ada juga gaya menggambar Lolicon maupun Shotacon.

Ciri-ciri khusus gambar komik genre baru ini adalah realisme. Gaya realistis atau yang disebut juga "Gegiga" (Geki artinya gambar, Ga juga artinya gambar) merupakan gaya yang mendominasi komik jepang saat itu. Pada masa  itu cerita juga berubah menjadi realis dan serius. Manga yang pertama kali dieterbitkan di Indonesia disesuaikan dengan gaya baca masyarakat Indonesia yang dimulai dari kiri ke kanan. Padahal Manga original dari Jepang dimulai dari kanan ke kiri, sehingga untuk manga yang diterbitkan di Indonesia rata-rata tokohnya menjadi kidal karena gambar yang umumnya di flip. Ketidaksamaan ini menyebabkan kerancuan untuk komik yang bergenre detektif, seperti Conan dan Kindaichi, karena menyebabkan proses penyelesaian kasus dengan gambar alibi tokoh menjadi tidak sama (menyebabkan kekacauan inti cerita). Manga pertama yang diterbitkan di Indonesia dan menggunakan metode ini adalah Rurouni Kenshin.

Manga di Jepang dibuat berdasarkan pembaca, seperti :
  • Manga yang khusus ditujukan untuk anak-anak disebut kodomo - untuk anak-anak.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk wanita dewasa disebut josei (atau redikomi) - wanita.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk perempuan disebut shōjo - remaja perempuan.
  • Manga yang khusus ditujukan untuk laki-laki disebut shōnen - remaja laki-laki.
Dan info terakhir mengenai Manga adalah adanya dua penerbit terbesar di Jepang adalah Shogakukan dan Shueisha. Semoga info ini dapat bermanfaat bagi sahabat Crowser sekalian dan tetap terus mencintai manga-manga yang ada. :)



source : http://duniagrafiskita.blogspot.com/

20 Fakta tentang Korea


  1. Hallyu atau Korean Wave adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea di berbagai negara di dunia.
  2. Perusahaan TV Korea mengeluarkan biaya besar untuk memproduksi drama dan beberapa diantaranya yang sukses diekspor ke luar negeri.
  3. Bahasa Korea diakui sebagai bahasa paling logis di dunia karena konsonan & vokal mudah dibedakan. Terutama konsonan menunjuk lokasi bibir, mulut & lidah.
  4. Rain adalah penyanyi korea pertama yang mengadakan konser internasional di Madison Square Garden.
  5. Lokasi syuting serial/film Korea kebanyakan mengambil tempat-tempat wisata di Korea sekaligus untuk mempromosikannya.
  6. Pemilihan soundtrack untuk serial/film Korea sangat penting, bahkan semua pihak ikut terlibat untuk menentukan apakah layak/tidak.
  7. Banyak serial/film Korea yang mengadaptasi komik/novel dan sangat sukses. Serial Korea banyak digemari karena jalan cerita yang fokus dan jumlah episode yang tidak terlalu banyak.
  8. 76% wanita Korea berumur 20-30 tahun sudah melakukan operasi plastik.
  9. 25% ibu-ibu di Korea menyuruh anaknya yang masih berumur 12-16 tahun untuk operasi plastik.
  10. 95% orang Korea yang punya lipatan di kelopak mata adlaah hasil operasi plastik semua.
  11. Di Korea Selatan ada 1200 ahli bedah plastik, namun jumlah itu dianggap masih kurang banyak.
  12. Rata-rata orang Korea menghabiskan 30% penghasilannya untuk operasi plastik. Dalam sebuah jajak pendapat, 70% pria juga menginginkan operasi plastik.
  13. Biaya operasi plastik di Korea lebih 50% dibanding Jepang.
  14. Pohon Pinus adalah pohon cinta bagi orang Korea karena mengandung filosofi cinta yang kokoh, lurus dan tak pernah berakhir.
  15. Ada beberapa sekolah di Korea yang jam belajarnya 15jam per hari.
  16. Bunuh diri merupakan penyebab kematian pertama bagi pria Korea antara 18-35 tahun.
  17. Rata-rata artis Korea bunuh diri dengan cara menggantung dirinya.
  18. Orang Korea lebih cinta produk dalam negeri dan jarang membeli produk luar negeri.
  19. Di Korea, search engine Google dan Yahoo kurang begitu populer. Mereka lebih menyukai search engine lokal seperti Daum Daum
  20. Bahasa gaul remaja Korea lebih cenderung berbentuk singkatan seperti salah satu judul lagu SHINee yaitu Amigo yang merupakan singkatan dari Areumdaun Minyeorueljoahamyeon Gosaenghanda (Hati Jadi Sakit Ketika Kamu Jatuh Cinta Dengan Si Cantik).

Tips Memilih Model Pakaian untuk Pria Bertubuh Pendek

Mempunyai pakaian yang pas dengan postur tubuh tentu saja merupakan keinginan setiap orang agar bisa tampil menarik, namun untuk memilih model pakaian yang pas dan cocok dengan bentuk tubuh sering kali mengalami kendala apalagi jika kamu mempunyai postur tubuh yang kecil atau pendek. Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut akan kami bagikan tips sederhana mengenai Tips Memilih Model Pakaian untuk Pria Bertubuh Pendek.


  • Pilihlah ukuran yang sesuai - bagi kamu pria yang bertubuh pendek dan kecil sebaiknya memilih ukuran baju yang benar-benar pas untuk kamu, biasanya ukuran yang dipakai adalah ukuran "S" atau "XS". Namun ternyata ukuran-ukuran tersebut perbedaannya tidaklah jauh dari ukuran pakaian normal lainnya. Jadi ada baiknya untuk menentukan ukuran pakaian yang pas, kamu bisa langsung datang ke tukang jahit agar bisa menyesuaikan pakaian tersebut dengan tubuh kamu.
  • Hindari Menggunakan Celana Pendek, Untuk bagian celana mungkin semua jenis celana bisa kamu gunakan kecuali celana pendek yang memang perlu untuk kamu hindari dan model celana yang tepat untuk kamu adalah celana panjang/jeans model low rise dan straight leg karena menurut para ahli fashion, model celana seperti ini dapat menimbulkan efek yang membuat tubuh kamu terlihat lebih tinggi.
  • Gunakan Pakaian Bermotif Vertikal, pakaian yang bermotif vertikal juga mempunyai fungsi yang hampir sama dengan celana panjang/jeans model low rise yang dapat memberi ilusi agar tubuh kamu tampak lebih tinggi.
  • Gunakan Kemeja Lengan Panjang, penggunaan kemeja lengan panjang juga sangat dianjurkan untuk pria yang bertubuh pendek dan kecil, karena kemeja panjang dapat menyembunyikan ukuran lengan kamu yang pendek.
  • Gunakan Baju Berwarna Agak Gelap, warna yang agak gelap ternyata juga dapat membantu untuk membuat tubuh kamu terlihat lebih tinggi. Warna pakaian ini akan memberikan kesan lebih langsing dan juga tinggi. Dan sebisa mungkin gunakan pakaian dengan warna yang senada untuk bagian bawahan dan atasan sehingga akan memberikan efek atau siluet tubuh yang nampak lebih tinggi.
Demikianlah informasi dunia fashion pria mengenai Tips Memilih Model Pakaian untuk Pria Bertubuh Pendek yang dapat kami sampaikan dalam kesempatan kali ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi bagi kamu dalam berpakaian agar bisa selalu tampil menarik. :)


source : http://freemanfashion.blogspot.com/

Fashion Quote

"To achieve the nonchalance which is absolutely necessary for a man, one article at least must not match." - Hardy Amies

Tips Merawat Baju Putih yang Baik dan Benar

Our Partner Product : Korean White Shirt

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang sangat menyukai pakaian berwarna putih, pakaian berwarna putih merupakan salah satu jenis pakaian yang bisa dipakai untuk semua jenis warna kulit. Orang yang menggunakan baju dengan warna putih biasanya akan terlihat lebih santai, menarik dan yang pasti akan mendapatkan kesan yang bersih. Tetapi untuk merawat dan menjaga baju putih agar selalu dalam kondisi yang baik dan terhindar dari noda tidaklah mudah, oleh karena itu berikut kami berikan tips merawat baju putih yang baik dan benar.

  • Perhatikan label baju kamu, di setiap pakaian biasanya terdapat label yang bertuliskan larangan-larangan yang harus kamu hindari agar pakaian kamu tetap terjaga kondisinya.
  • Gunakan air panas, untuk membuat baju putih kamu yang telah kusam agar menjadi berkilau kembali kamu bisa menggunakan air panas, namun jika pakaian kamu dilarang untuk menggunakan air panas, kamu bisa menggantinya dengan air hangat.
  • Jangan Campur dengan Baju Warna Lain, saat mencuci kamu sebaiknya memisahkan baju warna putih kamu dari warna lainnya, hal ini bertujuan untuk menghindari lunturnya baju berwarna lain yang akan menyebabkan baju warna putih kamu menjadi kusam.
  • Hindari Penggunaan Deterjen Berlebihan, jika kamu mencuci baju menggunakan deterjen yang banyak dengan tujuan membuat baju putih kamu menjadi lebih putih lagi, ternyata hal itu salah karena jumlah deterjen yang berlebihan dapat membuat baju putih kamu kehilangan kecerahan.
  • Hindari Menggunakan Pemutih, sama dengan menggunakan deterjen berlebihan, jika kamu menggunakan pemutih untuk membuat baju kamu semakin putih hal ini juga salah karena pemutih pakaian dapat mengurangi kecerahan warna putih dan melemahkan kain.
  • Gunakan Cairan Lemon, Sampo, dan Baking Soda, semua bahan ini dapat kamu gunakan untuk menghilangkan noda yang membandel pada baju putih kamu.
  • Gunakan Sinar Matahari Langsung, pada saat proses penjemuran sebaiknya kamu menggunakan matahari langsung karena matahari dapat membuat baju putih kamu semakin bersinar.
Demikian tips mengenai bagaimana merawat baju putih kamu dengan baik dan benar. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kamu. :)


Electric Blue is the Spring Look for Men



Pada dekade lalu, warna shocking pink menjadi sangat populer dan akhirnya ia kehilangan kekuatan virtualnya dan terjadi begitu saja. Ketika dengan tertekannya dikaitkan dengan pakaian dalam wanita, boneka Barbie dan selera yang buruk, warna ini menjadi digemari, merambah ke atas catwalk, dan melonjakkan asosiasi tersebut dan menjadi bahan omongan di kalangan para wanita.

Satu-satunya tempat dimana kamu tidak akan menemukan banyak warna shocking pink adalah di bagian pakaian pria, warna ungu gelap atau ungu dusty adalah warna yang paling mendekati pink yang paling bisa diusahakan para pria. Belakangan, sebuah analog muncul : shocking blue, sebuah warna biru elektrik yang jauh dari setelan berwarna biru navy dan kemeja bisnis berwarna biru muda yang menjadi tradisi bagi para pria.

Ini adalah dunia pria, tentu saja dimana keterkejutan adalah produk dari saran yang menyakitkan dan akhirnya mengarahkan pada perubahan warna yang menuntut D.I.Y (Do It Yourself) sebagai sarana daripada cara berpenampilan yang penuh petualangan. Jadi sebagai warna, shocking blue tidak suka menjatuhkan siapapun sendirian : mungkin ini lebih mengarah pada sebuah karpet static-charged daripada seekor belut elektrik. Tapi di dunia dimana warna-warni lebih terlihat pada dasi, warna biru elektrik yang terang bisa ditemukan musim ini pada jaket, celana, setelan, dan jas (sepanjang dipasangkan dengan dasi, tas, ikat pinggang dan sepatu) yang mempunyai tepi yang menguatkan.

Konsepnya sangat simpel - dan sudah mendasari banyak pakaian pria - bahwa akan mengherankan jika tak seorangpun memilikinya lebih awal : gabungkan satu bagian coba-dan-berhasil dengan sedikit sentuhan tantangan, dan presto : cocktail  baru yang sempurna.

"Cowok menyukai biru," kata Eric Jennings, fashion direktur dari pakaian pria di Saks Fifth Avenue. "Pria sudah cukup nyaman menggunakannya, tapi musim ini akan diperbaharui. Bukan lagi warna navy  atau klasik. Ada banyak variasi dari biru terang."

Paul Stuart menerpa label Phineas Cole adalah salah satu dari Sebagai percobaan, sebuah blazer electric-blue untuk musim gugur, terbayar mahal, berdasarkan Ralph Auriemma, kreatif direktur dari brand tersebut.

"Kami hanya mencoba untuk memberikan beberapa warna pada pilihan blazer kami," katanya. "Lalu ketika semua barang habis terjual untuk kedua kalinya, kami tahu bahwa kami ada pada sesuatu. "Dengan alasan ini, Paul Stuart tidak hanya memberlakukannya pada blazer, tetapi juga pada tiga buah setelan dan sebuah jas hujan dengan warna terang dan bervariasi.

Daya tarik warna ini tidak hanya sebuah perputaran novel bagi seorang teman. "Ini benar-benar bisa digunakan," kata Tuan Auriemma. "Pria terlihat bagus dalam warna biru, dan kamu bisa benar-benar membuatnya bekerja, dan kamu bisa menggunakannya disaat malam, dengan celana warna khaki atau jeans atau celana flannel abu-abu."

Ketika warnanya punya cukup semangat untuk sesama untuk merasa cerdas, tidak perlu mencegah pria menggunakannya secara sering (sesuatu yang mungkin tak perlu dikatakan seperti jaket sport kotak-kotak, contohnya).

"Biru jelas warna yang paling maskulin diantara warna-warna terang yang ada," kata Alex Badia, editor fashion pria dari Women's Wear Daily. "Apa yang menarik tentang itu adalah bahwa itu melampaui berbagai gaya yang berbeda." Jika itu pas dengan baik dengan Jil Sander dan minimalis, lalu ia menjerat dengan baik dengan pakaian atletik, dan ia juga punya elemen yang preppy yang bisa berkerja dengan baik dengan tampilan tradisional."

Untuk menambahkannya: bisa untuk siang ataupun malam hari; bisa untuk bekerja ataupun bermain; dimusim semi atau musim gugur, baik dari katun ataupun dari wol; ntah itu konteporer atau tradisional. Diukur tergantung dari Film Mary Poppins standart yang tua: sempurna dalam setiap kesempatan.

Produk yang berwarna biru tidak perlu menjadi biru. Cologne dengan botol berwarna biru atau dengan kata 'biru' pada namanya menjadi berkembangbiak di konter-konter parfum pria dalam beberapa tahun terakhir, membuktika bahwa ide dari biru adalah mempersuasif.

THE ONLY QUESTION, bagaimana kita harus menyebutnya. Berbeda dengan warna pria lainnya seperti hitam, biru navy, hijau hunter, cokelat dan lainnya, warna biru ini sangat sulit dijatuhkan. Ini terpisah karena ini bukanlah satu warna biru, tapi sekelompok besar warna biru. Lebih terang dari kerajaan dan lebih dalam dari langit. Biru laut, biru riviera, biru aqua - semuanya diborong oleh pasar, dan mereka tentu saja mengumpulkan imej dari kemegahan yang necis. Why go navy when you can join the marines?

Biru elektrik mungkin adalah nama yang paling akurat. Apa yang menarik tentang warna biru yang sangat terang ini adalah bahwa ia punya banyak asosiasi diluar dari departemen perbusanaan. Biru navy mungking lebih terbangun dan terpercaya, tapi biru elektrik menjadi warna dari pembangunan perdagangan yang baru. Itu adalah warna baru dari bank Chase dan brankasnya Duane Reade. Itu adalah warna dari logo Microsoft Word dan Adobe Photoshop dan warna yang digunakan dalam Apple OS X untuk aplikasi dasarnya seperti Finder, Mail, Safari, dan iTunes. Hal yang paling harafiah, warna biru elektrik adalah warna dari cahaya dari ujung rokok elektronik Blu.



Our Product : Sasuke Cosplay Blue Edition