Saturday, April 20, 2013

Definisi & Sejarah Kemeja

Our Product : Serizawa Flower Shirt

Kemeja dari bahasa Portugis, camisa, adalah sebuah baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Pada umumnya berkerah dan berkancing depan, terbuat dari katun, linen, dsb (ada yang berlengan panjang, ada yang berlengan pendek);

Nama lainnya adalah kamisa yang masih dekat dengan bentuk aslinya, blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.
Kemeja atau baju berkerah yang saat ini banyak digunakan konsep dasarnya adalah berasal dari ruff atau bulu-bulu yang sering digunakan di leher.


Sejarah Kemeja
Pada awal 1800-an kerah besar dan kaku semakin ekstrim hingga menimbulkan bahaya karena tajam dan melukai telinga. Bahkan hingga akhir 1902, HG Wells mengeluh bahwa kerah yang terbuat dari kain yang kaku membuat sakit leher dan meninggalkan bekas merah di bawah telinga. Konsep baju berkerah seperti polo shirt, sebenarnya bentuk kerah yang terbalik.

Pada zaman dulu, baju kemeja putih dikenal sebagai busana para bangsawan. Dalam buku, Men's Wardrobe seri Chic Simple, disebutkan, para bangsawan Eropa abad ke 17 biasa mengenakan kemeja putih yang dihias renda pada bagian dada dan lengan. Mereka juga biasa tampil dengan kemeja putih pada saat mengenakan busana tuxedo, busana yang berasal dari dari kalangan bangsawan Inggris. Sampai akhir abad ke-19 kemeja putih dianggap paling elegan. Dulu pria yang memakai kemeja putih dianggap kaya karena memiliki uang untuk sering mengganti kemejanya dengan yang putih bersih. Kemeja putih dianggap sebagai busana pria yang bekerja di tempat bersih. Dari bahan apapun kemeja putih tampak bersih, elegan, dan mewah.


Jenis Kemeja
  1. Camp Shirt - kemeja lengan pendek atau blus sederhana dengan saku depan dan kerah samping.
  2. Dress Shirt - kemeja dengan  kerah formal (agak kaku), umumnya dengan bukaan penuh dari bawah hingga kerah dan menggunakan kancing dan lengan dengan manset.
  3. Dinner shirt - kemeja khusus dibuat untuk dikenakan dengan pakaian malam laki-laki, misalnya dasi hitam atau dasi putih.
  4. Winchester shirt - sebuah baju kemeja bergaris atau berwarna namun dengan kerah putih dan manset.
  5. Guayabera - sebuah kemeja bersulam (bordir) dengan empat saku.
  6. Poet shirt - kemeja longgar atau blus dengan lengan uskup penuh, biasanya dengan embel-embel besar di depan dan di manset.
  7. Tunic - nama ini berasal dari bahasa Latin, tunika, umumnya dikenakan oleh laki-laki dan perempuan di Romawi Kuno, dibedakan oleh sepotong konstruksi dua.
  8. Blus wanita berlengan dan berkepalai - istilah umum untuk korset dari gaun atau untuk blus atau kemeja wanita dari awal abad ke-19 melalui periode Edwardian.

source : http://www.dacostume.com/

No comments:

Post a Comment