Wednesday, April 24, 2013

Eiichiro Oda - Mangaka One Piece



Name : Oda Eiichiro
DOB : Kumamoto, 1st January 1975
Nationality : Japanese
Other Name : Odacchi
Education : College Dropout
Occupation : Manga artist
Karya : Wanted! (1992), kami kara mirai no puresento (1993), Ikki Yakô (1993), Monsters (1994), Romance Dawn (1996), One Piece (1997), Dragon Ball x One Piece: Cross Epoch (2007), One Piece x Toriko (2011) 

Berbicara tentang manga (komik) yang mungkin juga menjadi kegemaran sahabat Crowser, mungkin ada yang tahu tentang Eiichiro Oda. Yup benar, penulis muda yang berbakat ini mengawali karirnya dari membuat manga "Wanted!" (First Manga by him) toh pada akhirnya menjadi seorang komikus yang handal. Lahir 1 January 1975 di kota Kumamoto, Oda kecil bermimpi untuk menjadi seorang mangaka (penulis komik). Terinspirasi dari membaca karya Akira Toriyama, mulailah dia membuat 'Wanted!' pada tahun 1992  dan masuk dalam koleksi cerita pendek (cerpen) dan dipublikasikan.

Oda meninggalkan kuliahnya pada tahun 1994, menuju ke Tokyo untuk berkerja bersama mangaka lainnya. Mereka adalah Shinobu Kaitani, Masaya Tokuhiro, dan Nobuhiro Watsuki.

Beberapa tahun belakangan, Oda mengumpulkan ide untuk membuat Manga selanjutnya. Dua versi dari manga 'Romance Dawn' telah dibuat, dan tidak lama setelah itu, isu ke 41 Weekly Jump, Kisah akhir seri One Piece dipublikasikan. Hingga sekarang karya Oda telah melampaui 45 volume seri dan memecahkan rekor untuk manga.



Dari kapan kamu mulai membaca One Piece?  Kalau kamu tanya Eiichiro Oda, dia sudah  mengarang dan menggambar One Piece sejak tahun 1997. Ketika diwawancarai oleh sebuah majalah di Tokyo, Eiichiro mengaku kalau dia tidak pernah libur. Tidak ada yang namanya hari libur baginya, bahkan rata-rata ia hanya tidur selama 4 jam setiap harinya.





Yup, manga One piece memang tidak keluar dengan mudah. Bahkan bisa dibilang tidak banyak orang yang bisa melakukannya. Pada awalnya Eiichiro berencana untuk mengakhiri cerita bajak laut tersebut setelah 5 tahun beredar di pasaran. Tapi karena peminatnya terlanjur membengkak dan penjualan meningkat pesat, dia akhirnya menandatangani kontrak baru dengan penerbit Shueisha untuk melanjutkan petualangan Luffy dan kawan-kawan.

Bayangkan, sudah 15 tahun One Piece hadir di tengah-tengah kita. Selama 15 tahun Eiichiro memeras keringat dan menahan rasa kantuk untuk memberikan yang terbaik untuk para penggemarnya.



"Saya ingin meninggalkan sesuatu yang luar biasa kepada dunia untuk diingat jika saya meninggal di kemudian hari. Itulah yang membuat saya terus bertahan," kata mangaka yang lahir pada tahun 1975 ini.




source : http://en.wikipedia.org/
               http://duniagrafiskita.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment